DPD Selenggarakan Lomba Blog dan Tweet

Written By Admin on Senin, 28 November 2011 | 20.40

Jakarta (ANTARA) - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyelenggarakan lomba blog dan tweet kepada publik guna memperkaya inspirasi sekaligus lebih memperkenalkan lembaga negara tersebut kepada masyarakat.

"Lomba blog dan tweeter ini bersifat terbuka untuk umum yang akan berlangsung hingga 31 Desember 2011," kata Wakil Ketua DPD RI, GKR Hemas di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin. 



Ratu Hemas menjelaskan, masyarakat Indonesia mengikuti kemajuan teknologi informasi di antaranya melalui blog dan tweeter yang saat ini menjadi trend media komunikasi sosial di masyarakat.

DPD RI, kata dia, mencermati hal itu dan memanfaatkannya untuk melakukan sosialisasi keberadaan maupun tugas dan kewenangannya kepada masyakarat melalui lomba blog dan tweeter untuk menarik minat masyarakat.

"DPD RI adalah lembaga negara yang merupakan representasi daerah di Jakarta yang salah satu tugasnya adalah menyerap aspirasi daerah dan mengomunikasikannya dengan pemerintah pusat," katanya.

Ratu Hemas menilai, banyak persoalan di daerah yang perlu dicari jalan keluarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daerah.

Karena itu, kata dia, lomba blog dan tweeter ini menampilkan tema "Seandainya Saya Menjadi Anggota DPD" guna memperkaya inspirasi anggota DPD RI.

Sementara itu, Sekjen DPD RI, Siti Nurbaya Bakar menjelaskan, pada lomba blog dan tweeter ini memberikan kesempatan kepada para blogger maupun pengguna tweeter untuk memberikan opininya seandainya menjadi DPD, bagaimana tugas-tugas yang seharusnya dilakukan.

"Opini yang ditulis merupakan karya asli, bukan menjiplak opini anggota DPD maupun pengamat," katanya.
Siti Nurbaya menjelaskan, DPD RI memberikan hadiah kepada empat pemenang yakni juara pertama hingga ketiga serta juara favorit.

Juara pertama memperoleh hadiah iPhone 4s + paket wisata dalam negeri + uang saku, juara kedua menerima hadiah Nokia N9 + paket wisata dalam negeri + uang saku, juara ketiga Blackberry Bellagio + paket wisata dalam negeri + uang saku, serta juara favorit menerima Samsung Galaxy Tab 7.0 plus.

Dewan juri lomba blog dan tweeter DPD RI, Ira Koesno menjelaskan, peserta menuliskan opininya di blog dan tweeternya masing-masing dan dikirim ke microsite DPD RI pada periode 28 Nopember hingga 31 Desember 2011.

Setiap peserta, kata dia, bisa mengirim maksimal lima tweet serta dua opini di blog ke microsite DPD RI dan kemudian mengisi formulir yang telah tersedia.

Ratu Hemas menambahkan, dimanfaatkannya jejaring sosial (tweet dan blog) sebagai media lomba, guna memperkaya inspirasi dan interaksi anggota DPD RI dengan kemajuan teknologi informasi yang saat ini telah menjadi kebutuhan hidup manusia.

"DPD RI menyadari banyak aspirasi publik yang muncul di media jejaring sosial tapi nyaris tidak mendapat respons secara proporsional," katanya. 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar