SALINGSAPA

Written By Admin on Sabtu, 19 November 2011 | 03.36

Kalimantan Online- SalingSapa adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web bernuansa Islami. SalingSapa dibuat oleh Muhammad Yahya Harlan, seorang siswa sekolah menengah pertama (SMP). SalingSapa dibuat dengan mengadopsi pola tampilan Facebook dengan alasan untuk memudahkan pengguna baru untuk menggunakannya.


Berbeda dengan Facebook, SalingSapa tidak memberikan batasan usia untuk mendaftarkan diri, karena konten SalingSapa dimoderasi dan aman untuk diakses oleh siapa saja. Keberhasilan Yahya dalam mengembangkan situs jejaring sosial ini telah menghasilkan fenomena yang luar biasa. Selain mempopulerkan namanya sebagai pengembang layanan jejaring sosial termuda, SalingSapa juga telah mengantarkannya menjadi salah satu penceramah dalam kuliah umum di Institut Teknologi Bandung. Kuliah umum pada 11 Februari 2011 itu dihadiri oleh siswa-siswi SMP dan SMA di kota Bandung dan juga dihadiri oleh Rektor ITB, Prof. Akhmaloka, Ph.D., Ruby Alamsyah, Enda Nasution, dan Roy Suryo. 

Sejarah dan perkembangan

Situs yang beralamat web www.salingsapa.com, ini resmi diluncurkan di Bandung pada 1 Muharam 1431 H, atau tanggal 18 Desember 2010 pada kalender Masehi, oleh Muhammad Yahya Harlan. Walaupun diluncurkan di Bandung, namun salingsapa.com telah memiliki server yang berbasis di Jakarta untuk memudahkan dan mempercepat aksesnya serta pengawasan konten oleh adminnya, yakni Yahya sendiri beserta ayahnya. Siswa kelas 7A (1 SMP) Sekolah Alam Bandung itu terinspirasi untuk membuat situs jejaring sosial karena munculnya situs jejaring serupa yang juga buatan orang Indonesia. SalingSapa kini telah memiliki sekitar lebih dari 200.000 member yang tersebar di 52 negara di seluruh dunia, dengan hit sejumlah 2.300.000-an, dan diperkirakan akan terus meningkat ke depannya. Karena perkembangannya yang pesat, SalingSapa kini telah mendapat dukungan dari beberapa perusahaan teknologi dan layanan telekomunikasi seperti IDC-Indonesia, MAXINDO, Kawatama dan Razaki Technology. 

Tampilan dan fitur umum

Saat kita membuka halaman salingsapa, kita akan langsung sampai pada beranda (homepage) yang menampilkan gambar sebuah masjid. Seperti facebook, di beranda ini juga terdapat pilihan sign up untuk mendaftar sebagai member dan log in untuk mauk ke situs sebagai pengguna, ada juga berita terbaru dari SalingSapa. Beberapa fitur yang ada di salingsapa adalah:
  • Beranda (Home): halaman depan pada situs. Jika belum masuk log akan seperti di Facebook (gambar di kiri, mendaftar di kanan, login di atas), kalau sudah masuk log berisi semua post pengguna.
  • Dasbor: dasbor pengguna yang berisi post-post teman, dapat dibuka dengan mengklik gambar / tulisan "salingsapa" di atas kiri.
  • Telusur (Browse): halaman untuk mempermudah pencarian pengguna berdasarkan kategori-kategori tertentu.
  • Feed Berita (NewsFeed): fitur yang meng-update hal-hal yang baru terjadi dalam jejaring/yang baru dilakukan oleh para pengguna.
  • Foto (Photos): halaman yang digunakan untuk melihat atau mengupload file foto ke laman
  • Blog (Blogs): seperti blog pada umumnya, fitur blog di sini disediakan oleh admin sebagai tempat bagi member untuk menulis dan berbagi ceita apa pun, khusunya hal-hal yang bernuansa islami.
  • Acara (Events): adalah fitur seperti kalender yang menampilkan jadwal acara yang diselenggarakan oleh para pengguna, ataupun juga hari ulang tahun para pengguna sendiri.
  • Grup (Groups): berisi daftar grup yang dibentuk para pengguna dalam lingkup salingsapa.com (sama sepeti grup di facebook atau jejaring sosial lain) ditampilkan lengkap beserta jumlah anggota dan slogannya.
  • Ceramah (Music): fitur yang berisi lagu-lagu yang di-posting atau diunggah pengguna.
  • Halaman (Pages): bila kita melihat atau membandingkan dengan facebook, fitur ini mirip dengan laman fan page pada facebook. 
Fitur khusus

Terdapat fitur atau aplikasi tambahan khusus bernada islami yang menjadi ciri khas dari salingsapa.com ini. Aplikasi tersebut antara lain:
  • Al-Qur’an: yakni tampilan ayat-ayat Al-Qur’an berformat pdf yang dapat berguna sebagai mobile Qur’an, dan dapat digunakan oleh member untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan lebih mudah. Aplikasi ini merupakan salah satu fitur yang paling popular dan paling banyak dikunjungi orang (hit terbanyak).
  • Khazanah: fitur yang berisi rekaman ceramah para ulama terkemuka di Indonesia. Untuk sementara hanya tersedia file ceramah yang telah direkam sebelumnya, namun admin berencana mengembangkannya menjadi semacam video streaming yang dapat menampilkan ceramah ulama secara langsung.
  • Radio SalingSapa: merupakan aplikasi semacam radio streaming di mana kita bisa mendengarkan siaran radio secara langsung.
  • Live Streaming: berisi ceramah-ceramah dari tempat-tempat tertentu
  • Live Masjidil Haram : berisi liputan langsung dari Masjidil Haram

                                                                                                                                                                      (Sumber Wikipedia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar