Ecuador Jajaki Kerjasama Pangan dengan Kaltim

Written By Admin on Minggu, 18 Desember 2011 | 07.02

SAMARINDA - Duta Besar (Dubes) Ecuador Eduardo Calderon Ledesma menjajaki kemungkinan kerjasama pangan dengan Kaltim yang saling menguntungkan, terutama dalam pengembangan pangan, khususnya perkebunan dan pertanian. Hal itu dijelaskan Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak usai pertemuan bersama Dubes Ecuador di Ruang Rapat Gubernur di Setprov Kaltim, Jumat (16/12).

Menurut Awang, Eduardo menjelaskan kalau Ecuador memiliki sejumlah daerah yang sama dengan Kaltim. Bahkan, Ecuador memiliki program mirip dengan Kaltim, yakni berkomitmen terhadap pelestarian lingkungan. Artinya, komitmen tersebut sama dengan Kaltim Green yang saat ini diprogramkan daerah.

"Jadi, mereka promosinya seperti itu. Bahkan, dia juga menjelaskan adanya kemungkinan kerjasama antara Kaltim dengan Pemerintah Ecuador yang saling menguntungkan. Misalnya sektor perkebunan dan pertanian yang baik dikembangkan di Kaltim. Misalnya, tanaman nanas dan pisang, yang semuanya mengarah pada perkembangan pangan di Kaltim," ujar Awang Faroek Ishak.

Dubes Ecuador ke Kaltim dalam rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker). Dalam kesempatan tersebut, hadir Walikota Samarinda Syaharie Jaang, yang diharapkan ke depan ada potensi kerjasama dengan Kota Samarinda dengan Ecuador.

"Dari persentasi mereka, ternyata banyak kesamaan Ecuador dengan Kaltim, saya berharap nantinya Pemprov Kaltim dan Pemerintah Ecuador duduk bersama untuk melanjutkan kerjasama saling menguntungkan," jelasnya.

Sementara itu, Komite Tetap Kadin Kaltim Bidang Pertanian Henny Mappatangka menyebut, Dubes Ecuador dalam Kunker tersebut menawarkan kerjasama dengan Kaltim, khususnya Samarinda dengan Ibukota Ecuador yakni Kota Pito. Sedangkan untuk investasi ekspor, lanjut dia, tentu tidak mungkin. Karena, jaraknya dari Jakarta ke Ecuador harus menempuh waktu hingga 35 jam.

"Jadi, untuk biaya ekspor tentu tidak bisa. Tapi, jika mereka mau sebagai investor, Insya Allah bisa. Bahkan, Duta Besar Ecuador juga memberikan sinyal untuk bekerjasama dengan Pemkot Samarinda, dalam hal pembangunan infrastruktur," pungkasnya.(jay/hmsprov). 
(Sumber Kaltimprov.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar