Sukan Borneo IV 2011 Ditutup Malam Tadi

Written By Admin on Senin, 12 Desember 2011 | 15.06


SAMARINDA - Kaltim sebagai tuan rumah berhasil menjadi Juara Umum Sukan Borneo IV setelah berhasil meraih 57 emas, 32 perak dan 37 perunggu. Prestasi ini jauh lebih baik dari perolehan Kaltim pada Sukan Borneo III di Brunei Darussalam 2009 lalu yang hanya menempati peringkat tiga besar di bawah Brunei Darussalam dan Sarawak.

 
Perhelatan Sukan Borneo IV yang berlangsung 4-11 Desember di Komplek Stadion Madya Sempaja, Samarinda, telah usai. Event ini menjadi momentum penting bagi tuan rumah, setelah meraih dwi sukses, yaitu sukses penyelenggaraan dan prestasi.

Sukan Borneo yang merupakan even dua tahunan, menjadi ajang silaturahmi dan pertandingan olahraga persahabatan bagi tiga negara serumpun di pulau Kalimantan, yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Even ini diikuti oleh delapan kontingen utama, yaitu Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sabah, Sarawak, Labuan dan Brunei Darussalam.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim, H. Sigit Muryono, Sukan Borneo di Kaltim tidak sia-sia, karena selain meraih sukses prestasi, Samarinda selaku tuan rumah juga sukses sebagai penyelenggaraan.

"Even ini sudah menyelesaikan semua pertandingan pada 13 cabang olahraga (Cabor), dan Kaltim mampu menjadi juara umum dengan meraih 57 emas, 32 perak dan 37 perunggu. Disisi lain panitia penyelenggara juga meraih sukses dalam memberikan kepuasan kepada kontingen tamu sebagai peserta selama Sukan Borneo berlangsung," ungkap Sigit, sesaat setelah seremoni penyerahan medali Cabor sepakbola, di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Sabtu (11/12).

Pemprov Kaltim beserta jajaran memberikan apresiasi tinggi kepada atlet-atlet Kaltim yang berhasil meraih juara umum. Dengan Sukan Borneo ini bisa menjadi ajang uji coba berharga bagi atlet Kaltim yang dipersiapkan menghadapi PON XVIII di Riau 2012.

Mengenai pernghargaan dari pemerintah kepada atlet berprestasi yang masih berstatus pelajar dan mahasiswa, Dispora bersama Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Kaltim berupaya memberikan penghargaan berupa beasiswa prestasi.

"Nantinya, Dispora bersama KONI Kaltim berupaya memberikan penghargaan kepada para pelajar dan mahasiswa yang berprestasi di bidang olahraga. Jadi tidak hanya prestasi di bidang akademik yang mendapatkan beasiswa, prestasi olahraga juga akan diberi beasiswa," ujarnya.(her/hmsprov). 

(Sumber  kaltimprov)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar